Berpacu Dalam Melodi

berpacu-dalam-melodi-2Pada masa saya kecil dulu di Padang, channel televisi yang bisa diterima hanyalah TVRI. Meskipun begitu, dahulunya channel televisi milik negara ini banyak menyajikan acara-acara yang berkualitas dan selalu ditunggu oleh penonton setianya, termasuk saya. Tidak seperti zaman sekarang, dimana siaran yang disajikan isinya kebanyakan sampah dan tidak layak tonton. Tentu saja masih ada satu atau dua acara yang masih bagus, tapi sangat langka dan biasanya ditayangkan pada jam-jam sisa.

Salah satu acara favorit saya dulu di TVRI adalah acara kuis. Ada dua acara kuis yang masih terkenang sampai dengan sekarang, yaitu kuis siapa dia yang dibawakan oleh almarhum Aom Kusman dan kuis berpacu dalam melodi yang dibawakan oleh Koes Hendratmo. Kedua kuis ini selalu dinantikan acaranya oleh keluarga setiap minggunya. Lama tak terdengar, salah satu acara kuis tersebut yaitu kuis “berpacu dalam melodi” ditayangkan kembali oleh TVRI pada tahun 2013 yang lalu.

Konsep acara dan tata panggungnya sama persis, membuat penonton yang menyaksikan acara tersebut dibawa mengenang kembali pada masa kejayaan acara tersebut. Bahkan pembawa acara dan band pengiringnyapun masih menggunakan Koes Hendratmo dan Ireng Maulana All Stars. Saya sempat beberapa kali menonton acara tersebut di TVRI yang ditayangkan setiap malam minggu. Tapi acara tersebut kadang tayang, kadang tidak. Mungkin kurang biaya atau sponsor, dikarenakan konsepnya masih mengusung konsep yang lama. Begitu juga dengan soal2 yang dinyanyikan dalam kuis tersebut, lebih banyak menggunakan lagu lawas, sehingga kurang menarik bagi penonton jaman sekarang apalagi anak muda yang notabennya menjadi salah satu target audience dari acara kuis ini.

Read more…

Privasi di Ponsel Pintar

Mungkin sebagian dari kita banyak yang tidak sadar dengan metode yang diterapkan oleh ponsel pintar untuk mengcollect data penggunanya pada masa sekarang ini. Rata2 pada saat pertama kali menghidupkan ponsel yang kita beli, biasanya kita akan diminta untuk menambahkan akun yang terdaftar divendor sang pembuat ponsel. Akun tersebut digunakan untuk mensinkronisasi semua data yang terjadi. Segala aktivitas yang kita lakukan di ponsel tersebut akan disimpan dalam basis data yang mereka punyai. Ya, secara tidak langsung kita bisa menyebut bahwa semua aktivitas yang kita lakukan di ponsel pintar yang kita miliki, si vendor ponsel pun akan mengetahui dan lebih hebatnya lagi merekam semua kejadian yang kita lakukan tersebut selama kita terhubung dengan internet.

Tidak percaya ? wajar saja. Saya pertama kali juga tidak mengetahui hal ini. Bagi Anda pengguna ponsel pintar dengan sistem operasi Android, Sila coba buka tautan berikut ini. Login lah dengan menggunakan akun yang sama dengan yang terdaftar di ponsel pintar Anda.

Sudah mencoba ? Apa yang bisa dilihat dari sana ?. Ya, Jikalau anda mengaktifkan sensor lokasi (GPS) pada ponsel pintar Anda, maka si empunya android alias mbah google, telah merekam semua tempat yang kita kunjungi didalam database mereka. Bahkan mereka pun mengetahui kemana saja kita selama sebulan bahkan setahun belakangan ini yang notabennya kita sendiri mungkin lupa detil perjalanan kita selama itu.

google-map-history

Ngeri sekali bukan ? Memang kalau dilihat dari segi privasi, sepertinya sudah tidak ada lagi tempat yang kita kunjungi yang tidak tercatat. Kecuali anda mematikan ponsel Anda selama menuju ketempat tersebut sampai Anda kembali lagi. Atau cara yang sederhana, matikan fasilitas yang tidak diperlukan jika tidak digunakan. Seperti menonaktifkan sensor lokasi jika tidak menggunakan applikasi yang membutuhkan sensor tersebut. Atau cara yang paling ekstrem adalah kembali lagi menggunakan feature phone yang hanya mempunyai fungsi untuk telpon dan sms saja. Semua terserah Anda :D

Musim Kadang Kadang?

Dulu sewaktu masih berada disekolah dasar, salah satu pelajaran yang masih ingat sampai dengan sekarang adalah pelajaran IPA mengenai musim di Indonesia. Masih terngiang sampai dengan sekarang perkataan para guru bahwasanya Indonesia itu memiliki 2 musim: panas dan musim hujan. Dahulunya masing-masing musim tersebut memiliki karakteristik yang jelas dan gampang untuk diprediksi. Saking jelasnya, pasti kalian masih ingat bahwasanya dulu kita diajarkan oleh para guru musim hujan itu datangnya pada bulan dengan akhiran ber, seperti september oktober november dan desember.

Tapi itu dulu. Kalau sekarang? Entahlah. Tidak jelas kapan musim penghujan dan kapan musim panas. Seringnya saya merasakan seminggu hujan, sebulan panas. Atau sebaliknya. Kalau dahulu pada musim penghujan, daerah yang langganan banjir sudah mempersiapkan diri. Maka sekarang ini mereka harus mempersiapkan diri kapan pun. Karena sewaktu2 hujan bisa berlangsung sangat deras dan bisa sampai berhari2, padahal sebelumnya sangat panas.

Jadi ada berapa musim di Indonesia sekarang? Kalau saya menyebutnya ada satu. Yaitu musim kadang2. Kadang-kadang panas, kadang-kadang hujan :))

Kurang Teliti

Kurang Teliti : Hal inilah yang selalu menghantui hidup saya, apalagi ketika ingin memulai berwirausaha. Bagaimana tidak, pernah sewaktu saya ingin mencoba untuk mencari pekerjaan sampingan dengan berjualan pulsa, sifat ini sering muncul. Bahkan yang bikin saya heran ketika mengingatnya lagi adalah, sifat ini muncul pada pelanggan pertama saya. Ya, Kalian tidak salah baca, dipelanggan pertama saya sebagai penjual pulsa, saya malah mengalami kekurang telitian. No yang saya inputkan terbalik satu digit dibelakang. Mana yang isi pulsa nominalnya besar pula (Alamak ..). Baru berjualan pertama kali saja sudah langsung rugi besar :))

Meskipun begitu, saya tidak langsung menyerah. Namanya bisnis selalu ada untung dan ruginya (meskipun lebih banyak ruginya sih :P ). Hal ini menjadi pelajaran yang berharga buat saya. Pernah juga sebelumnya sewaktu berjualan voucher game online. Karena kurang teliti dan selalu berprasangka baik kepada orang lain, ternya saya kena penipuan. Ya, semua ada hikmahnya. Pelajaran yang saya ambil selalu berusaha yang terbaik dan mulailah untuk belajar teliti. Untuk hasilnya kita serahkan semuanya kepada yang Maha menentukan. Tapi dengan syarat yang tadi loh ya, harus berusaha yang terbaik dahulu baru setelah itu kita menggantungkan nasib dengan doa.

Servis Motor itu

Sabtu kemaren, saya bermaksud untuk melakukan servis rutin buat si merah. Terakhir kali diservis sekitar 4-5 bulan yang lalu, selain itu karena ditinggal seminggu lebih pada saat mudik lebaran kemarin, mesin jadi kerasa agak sedikit rewel dan agak susah untuk dinyalakan. Sehabis olahraga pagi, langsung saja saya menuju tempat servis motor dekat kosan lama. Kenapa pilih disana ? Karena tempatnya masih baru dan nyaman, terakhir servis juga disana. Sekalian ngumpulin poinnya, lumayan ada promo 5x servis gratis 1x :D

Sengaja datang agak pagian, karena pengalaman sebelumnya ketika weekend antriannya panjang sekali yang mau servis. Sesampainya ditempat tujuan, ternyata montir sudah terisi semua tapi tidak ada motor yang antri. Di tempat pendaftaran servis tidak ada yang jaga, semua montir juga sedang sibuk menservis motor yang ada. Saya mencoba memanggil untuk memberikan tanda kepada sang montir bahwa saya ingin melakukan servis. Lama ditunggu tidak ada respon. Kali ini saya mencoba memanggil resepsionis yang berada diruangan kecil didalam bengkel. Setelah dia datang ke meja pendaftaran, malah melayani konsumen yang lain. Saya coba menunggu, namun setelah menunggu saya kembali dicuekin ($$#$^%^).

Read more…

Nginx error connect to php5-fpm.sock failed (13: Permission denied) di Ubuntu Server 14.04

Barusan melakukan update regular di ubuntu server 14.04 kantor melalui repositori yang ada di apt. Update yang tersedia cukup banyak. Salah duanya adalah update nginx dan php5-fpm. Selesai update dilakukan, ternyata perubahannya cukup major, karena diminta untuk melakukan restart. Beres restart, semua service berjalan normal seperti sedia kala sesuia yang terlihat dimonitoring monit service manager. Coba-coba buka website yang sudah dideploy diserver, ternyata oh ternyata Nginx menampilkan pesan error 502. Alamak kenapa pula ini :(

Akhirnya saya coba lihat di log errornya si nginx yang terletak di /var/run/nginx/error.log. Disana tertulis pesan :

connect() to unix:/var/run/php5-fpm.sock failed (13: Permission denied)

Waduh kenapa pula itu ? padahal sebelumnya tidak ada masalah permission sama sekali. Berbekal error tersebut, coba searching di google, kali aja ada yang mengalami hal serupa. Hasilnya ketemu solusi disini. Cukup simple ternyata. Untuk menanggulangi masalah permision tersebut cukup dengan mengubah permission pada file php5-fpm.sock dengan chmod 666 dengan cara berikut

sudo chmod 666 /var/run/php5-fpm.sock

Setelah itu restart service php5-fpm dan nginx. Walaa, semua pun berjalan normal kembali. Semoga Membantu !

Unboxing Motorola Moto G Dual Sim 8GB (XT1033), Pre-Order Lazada

box-moto-gSekitar seminggu yang lalu, secara tidak sengaja saya melihat ada promosi pre order motorola Moto G di situs lazada. Dulunya pada awal tahun hp ini memang jadi incaran saya. Spek yang mumpuni dengan harga yang terjangkau plus dengan nama besar google sebagai pengusungnya membuat siapapun menjadi tergiur. Lama tidak kedengaran juntrungannya, kapan hp ini bakal launching di Indonesia membuat awalnya saya tidak tertarik lagi ketika melihat promo ini muncul. Namun setelah membaca lebih detail promo yang ditawarkan, keterlambatan ini membawa beberapa berkah. Salah satunya adalah OS yang terinstall di moto G yang masuk ke indonesia sudah menggunakan Android kitkat 4.4.2.

Selain itu ada juga program cicilan yang membuat tertarik ditambah ada diskon menarik untuk sesi pre order ini. Sebelumnya baca dibeberapa media, moto g resmi yang masuk di Indonesia hanya akan dijual secara online. Jadi kalau ditemukan ada yang jual secara retail, kemungkinan tidak akan dapat garansi resmi. Selain itu, kebetulan juga Andromax ULE yang telah menjadi teman setia selama ini mulai berulah. Telepon yang masuk susah sekali untuk mendengar percakapan yang terjadi dan terpaksa harus menggunakan headset. Mana headset bawaannya pendek sekali umurnya. Baru beberapa bulan pemakaian saja sudah rusak. Maka tanpa pikir panjang langsung saja saya lakukan pre order yang 8 GB di Lazada.

Sengaja saya pilih yang 8 Gb, karena yang 16 GB baru akan mulai dikirimkan oleh pihak lazadanya sekitar tanggal 20-an. Males nunggu lama-lama. Lagian saya bukan tipe orang yang suka banyak install aplikasi. Semenjak pertama kali menggunakan smartphone samsung gio sampai terakhir si andromax, Sdcard saya yang 8 GB tidak pernah penuh. Lagian si Moto G ini juga memberikan gratis google drive 50 GB selama 2 tahun. Cukuplah kalo mau simpan2 foto taro di awan saja. Gampang kalau mau akses kapanpun dan dimanapun. Read more…

Install Linux, Nginx, MySQL, PHP (LEMP) di Ubuntu 14.04

Kebetulan di kantor kedatangan server baru tipe tower yang rencananya diperuntukkan untuk aplikasi internal sekaligus sebagai file server. Iseng lihat-lihat diweb, ternyata ubuntu 14.04 lts sudah release. Pas banget sekalian buat nyoba. Proses instalasinya gak ribetlah. Tinggal di next – next aja, beres dah. Saya install yang ubuntu server kosongan saja, tanpa aplikasi bawaan satupun. Selesai install, langsung ganti repo local biar kenceng. Seperti biasa, pilihan jatung ke reponya wedus. Standar yang saya lakukan setelah clean install :

sudo apt-get update
sudo apt-get install build-essentials
sudo apt-get upgrade

Berikutnya, proses instalasi web server. Pilihan kali ini jatuh kepada Nginx feat php dan mysql. Soalnya baca2 di beberapa artikel, web server nginx performanya lumayan cepat dibandingkan apache, jadinya pengen nyoba :) . Kita mulai dari Nginxnya dulu. Tinggal install dari repo :

Read more…

Mengatasi Firefox yang selalu crash pada Windows 8 di Laptop Dell Vostro 3450

Setiap kali membuka aplikasi browser mozilla firefox versi apapun di laptop saya dell vostro 3450 dengan sistem operasi windows 8.1 selalu saja mengalami crash. Dan parahnya lagi, crash tersebut terjadi langsung pada menit pertama setelah aplikasi terbuka. Sudah berbagai cara dicoba. Dari hapus cache, install ulang aplikasi, upgrade ke versi terbaru, sampai ke menghapus registry yang tersimpan. Tak satupun yang berhasil. Walaupun sebenarnya ada pilihan browser lain yang bisa dan selalu saya gunakan. Tetapi browser ini tetap saya perlukan. Salah satu kegunaannya tentu saja untuk mengecek kompatibilitas website yang sedang dibangun dibeberapa browser (maklum, masih jadi kuli :D ).

Setelah berpetualang dari forum ke forum untuk mencari solusi, dan mencoba hampir semua cara yang disarankan. Akhirnya ketemu juga permasalahannya. Ternyata yang menjadi biang kerok adalah display driver. Seperti kebanyakan laptop keluaran terbaru yang menggunakan switchable graphics. Laptop dell vostro 3450 inipun ditenagai oleh Intel HD Graphics 3000 dan AMD Radeon HD 7650M. Entah si windus 8 nya yang belum sempurna untuk menjembatani sistem switchable graphics ini, atau driver yang dikeluarkan produsennya yang masih ngaco.

Read more…

Oleh – Oleh Short Travel ke Cards & Payments Asia 2014, Singapore

Selasa minggu yang lalu, saya berkesempatan untuk menghadiri acara Cards & Payments Asia 2014 yang diadakan di Suntec Singapore International Convention & Exhibition Centre. Lumayan lah, kapan lagi gitu lho bisa menghadiri pameran besar diluar negri, dibayarin pula ;)) Eventnya sendiri berlangsung pada hari rabu dan kamis tanggal, 23-24 April 2014. Namun saya dan rombongan, berangkat dari bandung pada hari selasa siangnya. Supaya bisa nyari hotel dan survey tempat pameran dulu.

Sesampainya dibandara changi singapura, saya langsung dibuat takjub dengan luas dan rapinya bandara tersebut (maklum, di Indonesia belum nemu bandara yang kayak gitu). Dan saya pun sukses bingung mau ngapain pas sampai disana, ketauhuan belum pernah ke singapur :P. Untungnya semua anggota tim yang bareng dengan saya sudah pernah kesini sebelumnya.

Selesai berurusan dengan bagian migrasi, kita langsung cabut ke hotel untuk check in dulu. Sekalian untuk menyimpan koper dikamar daripada harus nenteng kesana kemari. Hotel yang dibooking tidak jauh dari tempat exhibitionnya yaitu disekitar victoria st. Beres check in plus istitrahat sebentar sambil menghilangkan jet lag, kita langsung cari makan, sebelum menjelajah tempat pameran yang dituju.

Alhamdulillah ternyata negara singapore meskipun terdiri dari multi etnis, restorannya sangat – sangat muslim friendly. Tidak susah untuk mencari restoran yang halal disini. Cukup melihat dipintu masuk restoran apakah ada label halal singapore atau tidak. Hampir setiap food court yang saya jelajahi, mempunyai 1-2 restoran yang ada label halalnya. Karena sudah lapar sekali, akhirnya pilihan jatuh ke gerai yang paling dekat dari hotel saja, yaitu McD :)) Selesai dengan urusan perut, kita lanjut survey tempat exhibition. Tempatnya cukup dekat dari hotel tempat kami menginap. Bisa ditempuh dengan berjalan kaki selama 10 menit, atau bisa juga dengan menggunakan bus dan mrt yang berjarak satu stasiun saja. Read more…